Mobil Klasik Curian Senilai Lebih dari $2 Juta Disembunyikan di Sebuah Gudang di Kanada

Kendaraan-kendaraan tersebut ditemukan setelah penyelidikan selama berbulan-bulan.
by Fazil Pamungkas
0 comment

Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin tersimpan di sebuah gudang tua —termasuk harta karun otomotif.

Polisi di Kanada telah menangkap dua orang yang diduga menyembunyikan beberapa mobil curian di sebuah gudang di barat daya Ontario. Menurut laporan dari Global News, sejumlah mobil curian ini, beberapa di antaranya berasal dari paruh pertama abad lalu, diperkirakan bernilai lebih dari $2 juta.

Temuan bernilai tinggi ini merupakan hasil dari informasi yang diterima OPP (Polisi Provinsi Ontario) akhir tahun lalu tentang kendaraan curian di Lambton Country. Setelah penyelidikan selama berbulan-bulan yang melibatkan beberapa departemen, surat perintah penggeledahan dikeluarkan pada 14 Mei untuk sebuah properti di Stirling, sebuah area pedesaan kecil, terletak 15 mil (24 km) di utara kota Belleville. Di sanalah petugas menemukan kendaraan curian di sebuah gudang tua.

Dalam unggahan di laman media sosial resmi OPP disebutkan bahwa petugas yang melakukan penggeledahan menemukan sejumlah mobil klasik dan menyita 16 kendaraan dari tangan para tersangka sebagai bukti hasil kejahatan. Pihak berwenang tidak menyebutkan secara jelas kendaraan apa saja yang mereka temukan, tetapi dalam foto-foto yang menyertai unggahan tersebut terlihat beberapa Chevrolet Corvette generasi pertama, serta hot rod dan truk pikap yang berasal dari era sebelum perang. OPP menaksir total nilai kendaraan-kendaraan tersebut sekitar $2,2 juta.

Deretan mobil klasik yang berhasil diamankan OPP. Foto: OPP West Region/X

Dua penduduk Stirling, Robert Bradshaw dan Gary Leblanc, ditangkap setelah penggeledahan di properti tersebut. Keduanya didakwa dengan tuduhan pencurian kendaraan bermotor di atas $5000, penipuan di atas $5000, penggunaan dokumen palsu, dan konspirasi untuk melakukan pelanggaran yang dapat didakwakan. Khusus Leblanc didakwa juga dengan tuduhan pengancaman.

”Kolaborasi di seluruh organisasi kami dan dengan agen mitra kami sangat penting untuk memerangi maraknya pencurian kendaraan dan berbagai penipuan terkait di Ontario,” kata inspektur detektif OPP, Paul Milne, seperti dikutip oleh Global News. “Penyelidikan ini merupakan bukti lain dari peningkatan pencurian kendaraan dan kejahatan finansial yang telah kami pantau selama beberapa tahun terakhir dan perlunya keterlibatan ahli dalam penyelidikan ini.”

Ini bukan kali pertama Bradshaw dan Leblanc berhadapan dengan hukum. Keduanya mengaku bersalah atas berbagai tuduhan pada Desember 2003 di bawah Undang-Undang Dealer Kendaraan Bermotor Ontario. Mungkin akan ada lebih banyak konsekuensi terkait investigasi saat ini, yang hingga pekan lalu masih berlangsung.

 

Ditulis oleh: Bryan Hood

Diterjemahkan oleh: Fazil Pamungkas

You may also like

Leave a Comment