Ferrari Dino 246 GTS Eks “Goddes of Pop” Dilelang

Mobil sport Italia milik ikon musik pop ini memakai plat nomor bertuliskan "CHERS".
by Fazil Pamungkas
0 comment

Ferrari Dino 246 GTS. Foto: Bring a Trailer

Ferrari atap terbuka bekas mobil pribadi “Goddess of Pop” Cher dilelang di Bring a Trailer. Ferrari Dino 246 GTS tahun 1972 itu dalam kondisi sangat baik meski telah berpisah dengan sang penyanyi selama lebih dari 50 tahun.

Mulanya Ferrari meluncurkan Dino 206 GT sebagai jawaban atas kesuksesan pesaingnya Porsche 911. Dinamai sesuai dengan nama mendiang putra pendiri Enzo Ferrari, mobil sport ini tercatat sebagai mobil pertama Ferrari yang menggunakan mesin V-6. Mesin 2.0 liter yang dipasang di tengah Dino mungkin lebih kecil dibandingkan dengan mesin 12 silinder pada mobil super cepat Ferrari lainnya. Tapi mesin kecil tersebut tetap memiliki putaran tinggi dan menghasilkan tenaga 176 hp.

Ferrari Dino 246 GTS. Foto: Bring a Trailer

Meski begitu, permintaan untuk tenaga yang jauh lebih besar masih berdatangan dari para konsumen. Akhirnya Ferrari mulai memproduksi model baru dari seri ini. Munculah Dino 246 GT yang diperkenalkan tahun 1969 dengan mesin yang lebih kuat. Mesin V-6 baru menghasilkan tenaga 189 hp, cukup untuk mendorongnya ke kecepatan tertinggi 146 mph.

Ferrari Dino 246 GTS. Foto: Bring a Trailer

Dino 246 GT ditawarkan dalam bentuk coupe (GT) dan atap terbuka (GTS). Cher memilih atap terbuka saat membeli mobilnya dari Hollywood Sports Cars pada Desember 1972, menurut Car and Driver. Seperti halnya Keith Richards, penyanyi dan bintang Sonny & Cher Comedy Hour ini adalah penggemar berat V-6. Cher sampai memasang plat nomor yang bertuliskan “CHERS” untuk Dino 246 miliknya. Meski demikian, dia akhirnya menjual mobil tersebut kepada pembalap mobil Chris Cord pada Maret 1974, tak lama sebelum pernikahannya dengan Sonny Bono kandas.

Ferrari Dino 246 GTS. Foto: Bring a Trailer

Dino 246 milik Cher mungkin telah berpindah tangan ke beberapa kolektor dalam beberapa dekade terakhir, tapi kondisi mobil terawat sangat baik. Mobil dengan dua tempat duduk ini telah dicat ulang dengan warna merah Rosso Chiaro dan memiliki interior kulit hitam Nero seperti saat keluar dari pabrik. Mesin V-6-nya dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan. Saat mobil ini dilelang, odometernya menunjukkan 65.000 mil.

You may also like