Buku hingga Lukisan Penulis Tarzan Akan Dilelang Heritage Auctions

Barang peninggalan Edgar Rice Burroughs yang berharga siap ditebus kolektor.
by Robb Report
0 comment

Tarzan yang ditulis oleh Edgar Rice Burroughs adalah karya sastra klasik Amerika Serikat yang tetap menarik perhatian sepanjang zaman. Kini para penggemar karya tersebut memiliki kesempatan langka untuk memiliki sebagian dari harta karun sang penulis.

Barang-barang dari koleksi pribadi Burroughs akan dilelang oleh Heritage Auctions akhir bulan April ini, bersama dengan barang-barang lain yang berkaitan dengan berbagai karyanya. Hal itu mencakup segala sesuatu mulai dari karya seni asli antara lain penutup debu buku, edisi pertama tulisannya, dan meja perpustakaan pribadi Burroughs.

Dari sekian banyak barang, terdapat dua lukisan cat minyak asli karya kolaborasi Burroughs dengan seniman James Allen St. John. Dengan tawaran awal masing-masing $100.000, kedua lukisan itu diperkirakan akan mendapatkan harga lebih dari harga masuk tersebut. Satu menjadi jaket debu untuk Tarzan’s Quest tahun 1936, sementara yang lain digunakan untuk Swords of Mars pada tahun yang sama. Burroughs dan St. John mulai bekerja sama pada 1915, dan ia memberikan pujian tinggi kepada rekan senimannya tersebut.

“Saya pikir Anda memvisualisasikan karakter dan adegan persis seperti yang saya lakukan. Jika saya dapat melakukan pekerjaan yang Anda lakukan, saya tidak akan mengubah satu garis pun pada gambar mana pun,” tulis Burroughs kepada St. John pada 1920. “Setiap gambar mencerminkan pemikiran, minat, dan kerja keras yang dikerahkan untuk itu, dan dengan demikian Saya tidak hanya ingin mengucapkan selamat kepada Anda tetapi juga berterima kasih karena Anda telah membantu membuat buku yang mampu menjual hanya berdasarkan kekuatan ilustrasinya, apa pun teksnya.”

Meja pribadi Edgar Rice Burroughs. (Foto: Heritage Auctions)

Item yang akan dilelang ialah salinan buku Tarzan of the Apes edisi pertama yang terbit pada 1914. Selain itu ada lebih dari 80 buku berisi pesan dari Burroughs muncul dalam pelelangan, sebagian besar ditujukan untuk anggota keluarganya.

Burroughs sering difoto di rumahnya di Tarzana, sebuah tempat di California yang kemudian namanya menjadi inspirasi nama Tarzan. Dalam beberapa foto ia kerap berpose di meja perpustakaan pribadinya. Sebentar lagi Heritage Auctions juga menyertakan meja kayu tersebut untuk dilelang. Tentu ini diprediksi menarik hati kolektor terutama fans dari Burroughs dan Tarzan.

You may also like

Leave a Comment