Hollywood Legends: Danger, Disaster, and Disco

Lelang Musim Panas di Los Angeles menampilkan 1200 lebih koleksi hasil produksi film-film terbaik sepanjang masa.
by Fazil Pamungkas
0 comment

Julien’s Auction dan Turner Classic Movies (TCM) memulai lelang blockbuster musim panas dengan deretan film dan fandom terbaik yang akan segera hadir di “Hollywood Legends: Danger, Disaster, and Disco” pada 12-14 Juni di Los Angeles, serta disiarkan secara online di juliensauction.com.

Acara lelang selama empat hari ini akan menghadirkan koleksi menakjubkan dari 1200 lebih artefak paling terkenal dan ternama dari waralaba film populer, film klasik modern, Zaman Keemasan Hollywood, serta properti para perajin legendaris di balik keajaiban film-film spektakuler.

Saturday Night Fever

Lantai dansa Saturday Night Fever. Foto: Juliens’s Auction

Menyalakan api disco sekali lagi, kali ini di panggung lelang akan hadir lantai dansa paling terkenal sepanjang masa di Hollywood: lantai dansa asli yang ditampilkan dalam Saturday Night Fever. Dalam perannya sebagai Tony Manero muda yang bermimpi menjadi bintang, John Travolta dengan setelan putih ikoniknya, memamerkan gerakan tarian memukau di lantai dansa ini dengan diiringi musik dari Bee Gees. Scene itu telah menjadi sebuah fenomena budaya kala itu.

Diperkirakan terjual dengan kisaran harga $200.000-$300.000, kondisi lantai dansa itu cukup baik. Sejumlah bagian panel akrilik asli dan panel produksi modern memperlihatkan goresan bekas penggunaan. Lantai dansa dan komponen-komponennya ditempatkan dalam tiga gerobak produksi yang dapat dilipat, dua peti, dan satu kotak beroda.

E.T. The Extra-Terrestrial

Koleksi E.T. Foto: Julien’s Auction

Model-model dari film klasik Steven Spielberg, E.T. The Extra-Terrestrial, turut dihadirkan dalam acara lelang. Koleksi seperti sepeda BMX Kuwahara tahun 1981 yang dibuat khusus sesuai dengan gaya sepeda yang dikendarai Elliot (diperankan oleh Henry Thomas) untuk produksi yang digunakan dalam film E.T. pertama. Sepeda itu pernah diiklankan dalam majalah BMX Action bulan Juli 1982 untuk mempromosikan film tersebut. Harga sepeda itu diperkirakan sebesar $40.000-$60.000. Koleksi lain dari film itu adalah model utuh figur E.T. Animatronik yang digunakan untuk atraksi E.T. Adventure di Universal Studio Jepang. Figur berbentuk alien itu diperkirakan terjual dengan harga $20.000-$30.000.

Star Wars

Koleksi Star Wars. Foto: Julien’s Auction

Datang dari galaksi yang sangat jauh, hadir koleksi kostum, properti, materi produksi di balik layar, model, foto, memorabilia, dan lainnya dari fenomena budaya pop yang akan menggetarkan hati para penggemar film dan kolektor kisah antar galaksi Star Wars. Pada pelelangan kali ini, koleksi Star Wars yang dihadirkan cukup banyak. Helm TIE Fighter yang ikonik salah satunya. Kemunculan helm ini paling menonjol selama pertempuran terakhir film ini ketika pasukan kekaisaran dan pemberontak bertempur untuk menguasai skema Death Star di planet Scarif. Estimasi penjualan helm ini sekitar $40.000-$60.000. Ada juga senjata dan alat pencari khas milik Rey. Dia menggunakan tongkat ini sepanjang penampilannya di The Force Awakens, baik sebagai pencari di planet Jakku, maupun dalam pertempuran. Berkat keterampilannya menggunakan tongkat ini, Rey mampu menahan Kylo Ren (Adam Driver) dengan lightsaber ketika berada di Starkiller Base di planet Ilum. Estimasi harga untuk koleksi ini berkisar $25.000-$30.000.

Marvel & DC Comics

Sejumlah koleksi Marvel & DC. Foto: Julien’s Auction

Koleksi kedua rumah produksi superhero paling populer ini mungkin menjadi yang terbanyak pada pelelangan musim panas kali ini. Di antaranya ada kostum orisinil Wonder Woman yang dikembangkan untuk Gal Gadot sebagai Diana Prince. Kostum ini dilengkapi dengan penutup dada dari karet yang dilukis dengan tangan, dengan tambahan korset kain bagian dalam. Di bagian bawah penutup dada terdapat rok busa yang dilukis, terbuat dari beberapa bagian. Estimasi untuk kostum ini sekitar $60.000-$80.000. Koleksi lainnya, Helm Iron Man Mark III produksi asli yang dikenakan Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark. Helm ini terbuat dari fiberglass dan resin serta dilengkapi dengan detail yang ciamik. Bagian dalam helm dilapisi oleh bantalan hitam. Helm produksi awal ini dibuat oleh Stan Winston Studios dan dilengkapi dengan mata yang dapat menyala. Perkiraan untuk helm ini sekitar $10.000-$20.000. Koleksi lainnya datang dari komik Spider-Man, yakni salinan komik The Amazing Spider-Man #1 yang ditandatangani oleh Stan Lee di bagian sampul menggunakan spidol hitam. CGC Signature Series menyatakan bahwa komik tersebut ditandatangani di hadapan perwakilan CGC sehingga mereka menjamin keasliannya. Diperkirakan komik tersebut akan terjual dengan harga $1000-$2000.

Koleksi Lelang Lainnya

Koleksi lain di acara pelelangan. Foto: Juliens’s Auction

Koleksi lain dari Julien’s Auction dan TCM yang mencapai 1200 benda ini menghadirkan barang-barang dari film-film lintas genre. Salah satunya Elder Wand yang digunakan Michael Gambon sebagai Profesor Albus Dumbledore dalam film Harry Potter and The Order of The Pheonix tahun 2007. Tongkat ini terbuat dari resin dengan tambahan logam sebagai penyangga. Pada bagian tongkat terdapat lukisan tangan yang memperlihatkan serat kayu dengan detail yang sangat tinggi. Tongkat ini menjadi tongkat utama Albus Dumbledore sepanjang penayangan film. Diperkirakan harga jual untuk tongkat ini adalah $8000-$10.000. Tidak hanya benda-benda yang terkait langsung dengan properti film, lelang kali ini juga menampilkan poster asli yang ditandatangani oleh para pemain film The Lord of The Rings: The Fellowship of The Ring. Terdapat tanda tangan dari Elijah Wood, Sean Astin, Christopher Lee, Ian Holm, Sean Bean, dan jajaran pemain lainnya.

“Dari lantai dansa Saturday Night Fever hingga Raiders of The Lost Ark of The Covenant hingga kostum bowling The Big Lebowski, Hollywood Legends tahun ini benar-benar merupakan sebuah legenda,” kata David Goodman, CEO Julien’s Auctions. “Musim panas ini tim kami telah mengumpulkan koleksi menakjubkan lebih dari 1200 artefak budaya pop yang paling terkenal dan mudah dikenali yang menunjukkan kepemimpinan terbaik dalam pasar memorabilia Hollywood dari Julien’s dan TCM.”

You may also like

Leave a Comment