Rumah Pribadi Pee-wee Herman di L.A. Dijual Seharga $5 Juta

Dimiliki oleh mendiang aktor dan komedian Paul Reubens selama hampir 40 tahun, rumah peternakan bergaya abad pertengahan kini dipasarkan.
by Fazil Pamungkas
0 comment

Penampakan rumah dari atas. Foto: Sam Wadieh

Sepuluh bulan setelah kematiannya di usia 70 tahun, rumah milik aktor, komedian, penulis, sekaligus produser Paul Reubens —terkenal dengan karakter Pee-wee Herman yang identik dengan dasi kupu-kupu merah dan sifat kekanak-kanakan— akan dijual untuk pertama kalinya setelah hampir empat dekade, dengan harga di bawah 5 juta dolar AS. Dibangun pada akhir 1950-an dan memiliki luas hampir 3000 kaki persegi (279 meter persegi), rumah peternakan bergaya abad pertengahan ini berada di atas bukit di lingkungan yang populer, Oaks di Los Feliz. Hunian ini menawarkan pemandangan Griffith Park Observatory dan Hollywood Sign yang ikonik dari hampir semua sudut pandang.

Sebagai mahasiswa teater California Institute of the Arts dan anggota kelompok komedi West Coast The Groundlings —tempat dia menciptakan karakter Pee-wee Herman pada 1970-an— Reubens kemudian menjadi bintang film dan TV tahun 1980-an, dengan membintangi The Pee-wee Herman Show, Pee-wee’s Big Adventure, Big Top Pee-wee, dan Pee-wee’s Playhouse. Penerima bintang Hollywood Walk of Fame tahun 1988 ini juga dikenal atas karyanya di Mystery Men, Blow, dan Murphy Brown, yang membuatnya meraih penghargaan Emmy.

Pintu masuk. Foto: Sam Wadieh

Meskipun citranya agak tercoreng di tahun-tahun berikutnya karena beberapa skandal —satu karena mempertunjukkan adegan tidak senonoh dan satu lagi karena memiliki materi cabul— Reubens kembali muncul dalam versi baru The Pee-wee Herman Show di L.A.’s Club Nokia dan di Broadway, serta film Pee-wee’s Big Holiday.

Dalam laporan The Wall Street Journal, Reubens membeli rumah tersebut seharga $415.000 pada 1985 saat di puncak karirnya. Dia tinggal di sana hingga meninggal dunia pada Juli 2023. Hunian ini sangat terjaga keamanannya, dan terletak di ujung jalan pribadi yang panjang. Rumah Reubens merupakan bangunan satu lantai yang terletak di tengah-tengah lahan seluas 1,4 hektar. Memiliki tiga kamar tidur dan tiga kamar mandi. Sebagian interior telah direstorasi, namun sebagian besar masih asli dengan lantai batu tulis, langit-langit balok kayu, dan wallpaper antik di seluruh bagian.

Ruang bersantai dan bar mini. Foto: Sam Wadieh

Beberapa bagian menarik dari rumah ini adalah ruang tamu dengan perapian dan ruang makan dengan pintu kaca geser yang mengarah ke halaman belakang. Ruang kerja di sini juga begitu mewah dengan perapian batu dan bar. Sementara dapur dilengkapi dengan meja Formica kuning dan tempat sarapan yang menyertainya. Ada juga kamar utama yang dilengkapi dengan area bersantai, ruang ganti terpisah, dan kamar mandi terbuka yang menghubungkan ke teras tertutup khusus dibangun Reubens untuk melindungi kucingnya, Koko, dari satwa liar di sekitarnya, serta dua kamar tidur tamu yang berbagi kamar mandi.

Pemandangan Hollywood Sign. Foto: Sam Wadieh

Selain kolam renang dan spa, Reubens membangun halaman yang menyerupai taman dengan ditumbuhi lebih dari 100 jenis semak dan pepohonan asli, serta memiliki area barbekyu, tempat bersantai yang teduh, taman kaktus, jalan setapak, dan air terjun kecil yang mengalir ke kolam.

Properti Reubens ini berada dekat dengan dua rumah milik aktris pemenang Emmy dan pelawak Sarah Silverman —dibelinya hampir empat tahun yang lalu dengan harga $ 3,5 juta dan lainnya dengan harga $ 2,1 juta.

 

Ditulis oleh: Wendy Bowman

Diterjemahkan oleh: Fazil Pamungkas

You may also like