Liburan dan Pelestarian Hewan Eksotis menjadi Simbol Kemapanan Pria Terbaru

Lupakan duduk di barisan terdepan fashion show. Kini, eksplorasi wilayah yang belum terjamah menjadi simbol utama eksklusivitas.
by Robb Report
0 comment

Sebelumnya, duduk di barisan terdepan sebuah fashion show mencerminkan status elit Anda. Kemudian, kehadiran di after-party rahasia menjadi kunci penting yang membuka kesempatan untuk mendapat private preview, level yang menandakan bahwa Anda seseorang yang penting bagi label tersebut. Kini, Anda tidak dapat dianggap sebagai VIP sejati jika Anda belum pernah menikmati makan malam bersama elang pemburu di pegunungan bersalju Mongolia Barat, mengikuti upacara meditasi di kuil puncak gunung, dan menyaksikan matahari terbit dari bukit pasir Gurun Gobi—semuanya dalam satu perjalanan. Kebanggaan sesungguhnya adalah sebuah undangan untuk menghadiri acara experience oleh brand pakaian pria.

Konsep ini bukanlah hal baru di dunia luxury: setiap tahun Ferrari mengadakan Cavalcade yang hanya dapat diikuti kolektor-kolektor paling elit di dunia, sementara Panerai merancang ekspedisi ekstrim yang dipimpin oleh Navy SEAL atau pendaki terkenal Jimmy Chin. Musim panas lalu, Van Cleef & Arpels menggelar pesta mewah yang terinspirasi dari Grand Tour di Villa Medici, Roma, untuk memamerkan koleksi perhiasan tinggi terbarunya kepada pembeli paling dihormati.

Pada bulan Oktober, Stefano Ricci meluncurkan proyek baru bertajuk “Explorer” di Mongolia. Negara yang kaya akan budaya dan pemandangan menakjubkan ini menjadi sumber inspirasi bagi desain terbaru dari sang direktur kreatif, Filippo Ricci. Proyek Explorer, yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2022 dan sebelumnya diadakan di Islandia serta Galapagos, merupakan kombinasi dari perjalanan penelitian, inisiatif pelestarian, pemotretan mode, dan pengalaman perjalanan sekali seumur hidup. Mantan wakil presiden eksekutif National Geographic Society Terry Garcia berperan sebagai konsultan senior, membantu memilih lokasi (berdasarkan peluang pelestarian dan faktor pengalaman petualangan) serta mendukung misi-misi tersebut.

Setiap destinasi memiliki tujuan positif untuk komunitas lokal. Kali ini, membantu Asosiasi Falconry Kazakhstan dan komitmen mereka untuk melindungi seni berburu elang dari abad ke-17 yang hampir punah, pilihan tepat bagi brand yang mengadopsi elang sebagai simbolnya. “Ketika Anda mengunjungi tempat-tempat ini dan melihat alam dan budaya dalam ancaman dengan mata kepala sendiri, dan itu mengingatkan Anda bahwa kita memiliki tanggung jawab,” sebut Filippo Ricci, yang selalu antusias mengikuti perjalanan Explorer bersama saudaranya, CEO Niccolò Ricci.

Sepanjang eksistensinya, label milik keluarga Ricci ini telah berevolusi dari perusahaan sutra menjadi penjahit pakaian hingga kini bertransformasi 360 derajat menjadi merek gaya hidup dengan lini jam tangan, anggur, dekorasi rumah, bahkan desain interior kapal pesiar super. Pada tahun 2022, saat merayakan ulang tahun Stefano Ricci ke-50 di Mesir selama tiga hari—yang dimeriahkan dengan fashion show di Kuil Hatshepsut dan kunjungan ke Lembah Para Raja dan Ratu—Niccolò Ricci menyadari bahwa wisata dan eksplorasi adalah tren selanjutnya. “Perjalanan adalah pengalaman paling penting bagi setiap generasi,” katanya. “Bagi pria masa kini, kemewahan sejati adalah journey of discovery. Untuk menjadi penjelajah abadi, seseorang harus mengeksplorasi dunia.”

Mongolia menginspirasi koleksi terbaru Stefano Ricci, termasuk jaket berlapis bulu rubah dengan campuran chinchilla dan kasmir. Foto: Stefano Ricci.

Lorenzo Quinn, seniman kontemporer Italia yang dikenal dengan patung-patung besar yang menaruh perhatian pada perubahan iklim, adalah orang pertama yang menerima undangan. Selama lima hari di Mongolia pada bulan Oktober, Robb Report AS bergabung dengan Lorenzo dan partisipan lain dalam perjalanan ini, mendaki bukit pasir setinggi 2.000 kaki, tidur di tenda bundar tradisional bernama ger, mengunjungi situs paleontologi yang masih aktif, serta menyantap hidangan khuushuur (pai daging yang digoreng) dan buuz (pangsit kukus) bersama sekitar 20 orang, termasuk Niccolò dan Filippo Ricci serta model utama brand ini, Tao Fernandez Caino. Lorenzo merasa terhubung dengan tagline proyek ini—”menjelajahi dunia untuk menjelajahi diri kita sendiri.” “Saat hidup di ujung tanduk, Anda bersedia menjelajahi yang belum terungkap,” katanya. “Terkadang Anda bahkan tidak tahu Anda sedang mencari sesuatu sampai Anda menjauh dari kehidupan dan menjalani situasi baru. Itulah saat transformasi dan inspirasi terjadi.”

Ini tidak hanya untuk mereka yang diundang. Mongolia menjadi inspirasi di balik koleksi Fall/Winter 2024-25 dan menjadi latar belakang untuk kampanye Stefano Ricci. Unsur-unsur dari pakaian tradisional pemburu elang Kazakh terlihat dalam jaket yang terbuat dari bulu chinchilla dan campuran kasmir dengan hiasan bulu rubah, sementara warna merah dan kuning saffron seperti jubah biksu muncul dalam syal dan sweater. Tak hanya itu saja, negara Asia Timur tersebut telah meninggalkan jejaknya pada label asal Florentine ini melalui cara yang lebih abadi, dengan serat putih superfine dari bulu bawah kambing Capra hircus Mongolia yang menginspirasi penciptaan label baru di dalam merek: Stefano Ricci Alpha Yarn.

Proyek Explorer dimulai sebagai cara bagi label ini untuk mendokumentasikan koleksi terbarunya di lokasi-lokasi terpencil dunia melalui lensa fotografer National Geographic ternama seperti Mattias Klum dan Chris Rainier—”sebuah pendekatan antropologis dalam pemotretan mode,” begitu dikatakan oleh Filippo Ricci. Oleh karena itu, buku menakjubkan yang mencatat setiap bab perjalanan penjelajah diberikan kepada anggota Stefano Ricci Club, sebuah komunitas berisi 400 klien undangan yang menghabiskan setidaknya US$54.000 setiap tahun untuk berbelanja merek tersebut. Dengan semua biaya, pertimbangan, waktu, dan logistik yang diperlukan untuk membuatnya, Niccolò Ricci menekankan bahwa ekspedisi proyek Explorer bukanlah liburan mewah pada umumnya. Mongolia adalah tanah ekstrem, di mana suhu berubah dari jauh di bawah nol hingga lebih dari 100 derajat Fahrenheit, dan tak jarang kami memulai perjalanan sebelum matahari terbit.

“Terkadang Anda harus pergi ke daerah yang tidak nyaman untuk mendapatkan wawasan,” katanya, menambahkan “Ini bukan untuk semua orang.”

You may also like