Lelang ICONS: Playboy, Hugh Hefner X Marilyn Monroe, Mencetak Penjualan Lebih dari US$4 Juta

Penggemar mendapat kesempatan untuk memiliki warisan berharga dari kehidupan dua ikon abad-20 ini.
by Audrea Denneisha
0 comment

Lelang terkini dari Julien’s Auctions, berjudul “ICONS: Playboy, Hugh Hefner X Marilyn Monroe”, memecahkan rekor dunia dan meraih total yang mengesankan lebih dari US$4 juta.

Sesuai dengan namanya, sesi lelang yang berlangsung selama tiga hari pada 28 hingga 30 Maret 2024 ini menampilkan memorabilia dari dua tokoh paling berpengaruh abad ke-20: Marilyn Monroe dan Hugh Hefner. Sorotan utama malam itu adalah Gaun Pink Pucci milik Marilyn Monroe, yang mencetak rekor baru untuk gaun Pucci termahal yang pernah terjual di lelang, dengan harga fantastis US$325.000.

Jubah milik Hugh Hefner dan gaun milik Marilyn Monroe. Foto: Ted Soqui/Juliens Auctions.

Tak kalah mengagumkan, penjualan mengesankan lainnya adalah sebuah makam di dekat tempat peristirahatan terakhir Marilyn Monroe dan Hugh Hefner, yang dibeli seharga US$195.000 oleh Anthony Jabin, seorang investor teknologi dari Beverly Hills. Selain itu, penanda makam Monroe juga terjual hampir US$90.000, 44 kali lipat lebih tinggi dari perkiraan awal.

Lelang juga menampilkan barang-barang yang lebih kecil. Salah satunya adalah lipstik Elizabeth Arden custom-shade milik Marilyn Monroe, yang terjual seharga US$65.000, sembilan kali lipat dari perkiraan awal, menjadikannya lipstik termahal kedua dalam sejarah lelang.

Marilyn Monroe saat mengenakan gaun Pucci. Foto: Ted Soqui/Juliens Auctions.

Meskipun Marilyn Monroe dan Hugh Hefner tidak pernah bertemu semasa hidup mereka, takdir antara keduanya terikat ketika Monroe menghiasi sampul majalah Playboy terbitan perdana Hefner pada tahun 1953, melambungkan nama dari keduanya dan menjadikan Playboy sebagai merek ikonik. Bahkan kini, Hugh Hefner dimakamkan di sebelah makam Marilyn setelah kematiannya pada tahun 2017.

Dan tampaknya pengaruh dari kedua ikon tersebut akan terus hidup, bahkan puluhan tahun setelah kematian mereka. Diadakan secara langsung di NYA Studios East di Hollywood, lebih dari delapan ribu penawaran masuk secara online dan melalui telepon dari berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Prancis, Belanda, Meksiko, Monako, Zimbabwe, Brasil, Jerman, dan Hong Kong.

Bunny suit Playboy yang ikonik. Foto: Ted Soqui/Juliens Auctions.

Mulai dari pakaian dan kostum hingga dokumen produksi, furnitur, perhiasan, karya seni, dan barang-barang pribadi, 600 barang bersejarah ditawarkan sepanjang lelang tersebut, memberikan para penggemar dan kolektor kesempatan langka untuk melihat sekilas dari kehidupan Monroe dan Hefner.

You may also like

Leave a Comment