Leica LUX: Aplikasi Foto Profesional Pengguna iPhone

Leica LUX tidak hanya ditujukan bagi para fotografer berpengalaman, tapi juga para pemula yang ingin merasakan sensasi fotografi ala Leica.
by Fazil Pamungkas
0 comment

Leica Look yang ikonis kini tersedia bagi pengguna iPhone. Pada 6 Juni 2024 lalu, Leica Camera AG menghadirkan aplikasi kamera profesional, Leica LUX. Aplikasi ini memungkinkan pengguna iPhone larut dalam dunia fotografi secara lebih profesional. Mereka dapat menciptakan hasil foto terbaik dari Leica Look dengan estetika fotografi unik. Leica LUX tidak hanya ditujukan bagi para fotografer berpengalaman, tapi juga para pemula untuk mendapat hasil foto spontan maupun foto artistik.

Dengan Leica LUX, para pengguna dapat bereksperimen dengan lensa Leica yang terkenal tanpa perlu memegang kamera secara fisik. Dalam Mode Apertur, pengguna dapat mengambil gambar dengan ciri khas serangkaian lensa Leica klasik, di antaranya Summilux-M 28 mm f/1.4 ASPH dan Noctilux-M 50 mm f/1.2 ASPH. Berkat mesin pemroses gambar milik Leica, yang didasarkan pada pembelajaran mesin dan fotografi dengan bantuan komputer, simulasi lensa ini mereproduksi tampilan unik yang menjadi ciri khas lensa ini, termasuk, karakteristik efek bokeh. Dalam hal ini ponsel iPhone Anda bisa meniru foto dengan estetika unik lensa Leica M yang legendaris.

Leica LUX menggunakan warna khas Leica untuk menawarkan pilihan gradasi warna dan preset film yang meniru kamera Leica, termasuk pilihan Leica Classic, Leica Contemporary, dan Leica Black-and White. Ketika pengguna menggunakan Leica Standard Look, pemrosesan gambar pada Leica LUX sudah menampilkan warna dan kontras secara berbeda dan lebih alami dibandingkan aplikasi kamera asli iPhone. Dengan Leica LUX, kamera iPhone menjadi lebih tajam, tekstur yang kaya, dan nuansa yang mengesankan. Leica Look telah dikembangkan untuk memberikan kedalaman dan karakter gambar yang ditangkap.

Leica LUX menghadirkan mode otomatis yang dapat digunakan secara intuitif dan juga menawarkan kebebasan berkreasi kepada fotografer melalui kontrol manual untuk parameter penting seperti eksposur atau kecepatan rana. Setiap aspek foto dapat disusun untuk mencerminkan preferensi pribadi fotografer. Bagi profesional berpengalaman maupun amatir yang antusias, Leica LUX adalah alat mengambil gambar profesional, sekaligus memaksimalkan kebebasan berkreasi mereka. Aplikasi ini diperbarui secara berkala dengan profil lensa Leica baru, Leica Look, dan fungsi lainnya.

Leica LUX akan ditawarkan sebagai model “Freemium”, yakni versi gratis Leica LUX yang mencakup akses ke mode Foto Otomatis dan Mode Apertur, termasuk emulasi Leica Summilux-M 28 mm f/1.4 ASPH, dan lima Leica Look. Sementara Leica LUX Pro (mulai dari Rp 119.000 per bulan) juga memungkinkan akses ke kontrol manual atas eksposur, fokus, dan white balance serta rangkaian 11 Leica Looks dan lima lensa Leica yang lengkap dan terus dikembangkan. Berbagai fungsi, termasuk akses ke konten dan acara eksklusif Leica serta serangkaian fungsi lainnya, terus diperluas.

Leica Camera AG Mengambil Alih Fjorden Electra AS

Pada 1 Desember 2023, Leica Camera AG mengambil alih perusahaan Norwegia Fjorden Electra AS dalam pengembangan Leica LUX. Akuisisi strategis tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan area bisnis baru di segmen Mobile Business.

Model bisnis kedua perusahaan secara ideal saling melengkapi: Fjorden Electra AS memiliki pengetahuan luas dalam pengembangan aplikasi dan aksesori ponsel cerdas, sementara tim pengembangan Leica Camera AG Mobile Imaging menyumbangkan keahliannya di bidang proses dan kualitas gambar.

Marius Eschweiler, Wakil Presiden Unit Bisnis Seluler Leica Camera AG mengatakan, “Dengan pengambilalihan Fjorden, kami secara sistematis terus maju dengan strategi pertumbuhan strategis kami dan semakin mengkonsolidasikan posisi kami di segmen fotografi ponsel pintar. Di masa depan, pelanggan akan mendapatkan keuntungan dari gabungan keahlian dua pemimpin inovasi yang telah menggabungkan kompetensi inti mereka untuk membuka kemampuan kreatif baru dalam fotografi ponsel pintar”.

Di lain pihak, Dr Victor Henning, pendiri dan CEO Fjorden Electra AS, menambahkan, “Visi kami adalah menghadirkan lebih banyak kegembiraan dan profesionalisme pada fotografi ponsel. Kamera Leica yang ikonik adalah panutan dalam proses pengembangan kami dalam hal fungsionalitas, desain, dan haptik. Sebagai penggemar lama Leica, tim kami bersemangat untuk mengembangkan lebih lanjut visi ini sebagai bagian dari Leica dan sekaligus mendapatkan manfaat dari keunggulan teknis dan optik perusahaan”.

You may also like

Leave a Comment