Menjelajahi Audemars Piguet di Shaping Materials Milan

Pameran ini menceritakan kisah pencarian tanpa henti Audemars Piguet akan teknik dan desain kreatif.
by Fazil Pamungkas
0 comment

Ruang pameran Shaping Materials. Foto: Audemars Piguet

Produsen jam tangan asal Swiss, Audemars Piguet, menyelenggarakan pameran publik terbarunya bertajuk “Shaping Materials”, pada 3-16 Juni 2024 di Portrait Milano, di jantung kota Milan. Pameran ini menjadi penghormatan kepada semangat berani dan inovatif yang telah mendorong generasi pembuat jam dan pengrajin untuk melahirkan ide-ide baru dalam membangun dunia Audemars Piguet. Setelah pembukaan AP House Milano yang baru di bekas gedung Garage Traversi di Via Bagutta, pameran ini memperkuat ikatan lokal Audemars Piguet dengan Milan, kota yang memiliki komitmen kuat terhadap warisan, kreativitas, dan modernitas.

Pameran Shaping Materials menceritakan kisah pencarian tanpa henti Audemars Piguet akan teknik dan desain kreatif, mulai dari bahan dan bagaimana bahan tersebut ditransformasikan menjadi komponen jam tangan sebelum akhirnya diselesaikan oleh para pengrajin yang terampil. Melalui tangan ajaib mereka, bahan-bahan seperti baja, titanium, karbon, dan keramik dibuat tidak kalah bernilai dari emas atau platinum.

Pameran ini juga menyoroti bagaimana Audemars Piguet menempa jalurnya sendiri dalam hal desain, yang sering kali terinspirasi dari dunia budaya yang lebih luas. Selama lebih dari satu abad, kotak jam Audemars Piguet ditafsirkan dalam berbagai ukuran, bahan, dan bentuk, menggunakan geometri bulat, persegi, hingga persegi panjang tradisional, baik secara terpisah maupun bersama dengan bentuk yang tidak terduga seperti trapesium atau segi delapan. Bagi Audemars Piguet, kreativitas tidak mengenal batas saat material dan bentuk dipadukan dengan dial, warna, dan teknik pemasangan permata kreatif untuk menghidupkan desain ekspresif yang mencerminkan semangat para perintis selama beberapa generasi.

Ruang pameran Shaping Materials. Foto: Audemars Piguet

Dibagi dalam lima ruangan, pameran ini menampilkan pilihan jam tangan warisan dan kontemporer, termasuk beberapa kreasi terbaru merek ini dan serangkaian jam tangan untuk pergelangan tangan paling ramping. Pameran Shaping Materials juga disertai dengan konten edutainment sehingga memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan.

Bermain dengan cahaya, permukaan reflektif dari paviliun emas yang sangat kontemporer di pameran ini berinteraksi dengan arsitektur Barok dari bekas seminari keuskupan agung, yang membingkai Piazza del Quadrilatero, alun-alun pusat Portrait Milano. Bangunan megah ini merupakan pilar kota, tempat perpustakaan, percetakan, rumah sakit, dan bahkan sekolah berdiri. Baru saja dipugar oleh arsitek Michele de Lucchi dan Michele Bönan, Piazza del Quadrilatero kini menjadi rumah bagi Portrait Hotel, serta restoran dan butik-butik kelas atas. Bangunan yang dulunya tertutup di dalam tembok seminari, telah diubah menjadi ruang yang inklusif dan hidup yang terbuka untuk mempercantik pemandangan kota. Dengan melibatkan lingkungan sekitarnya, paviliun ini berdialog dengan sejarah, budaya, dan desain Milan, sebuah kota yang telah memainkan peran penting dalam pengembangan merek selama bertahun-tahun, serta memiliki komitmen kuat terhadap warisan dan inovasi.

Portrait Milano. Foto: Audemars Piguet

“Kami sangat senang menjadi tuan rumah pameran merek baru Shaping Materials di Milan, berbagi pengetahuan dan hasrat kami terhadap Haute Horlogerie dengan para pecinta jam tangan dan para pemula. Eksplorasi bahan dan bentuk yang bebas, baik di masa lalu maupun masa kini, sangat selaras dengan kota Milan —pusat sejarah, kreativitas, dan desain. Pameran ini juga melengkapi pembukaan AP House Milano baru di gedung bekas Garage Traversi di Via Bagutta, yang kian memperkuat ikatan lokal merek ini dengan kota dan pasar Italia.”

You may also like

Leave a Comment