Liberty Media percaya bahwa mereka bisa mengembangkan dunia balapan roda dua, seperti yang mereka lakukan untuk Formula 1.
Pada hari Senin (01/04), pemilik F1 mengumumkan bahwa mereka akan mengambil alih MotoGP, kompetisi balap motor premier di dunia. Langkah ini merupakan hasil dari akuisisi Liberty Media terhadap pemegang hak eksklusif dari kejuaraan tersebut, Dorna Sports.
Kesepakatan tersebut bernilai €4.2 miliar (sekitar Rp72 triliun) dan manajemen MotoGP sejauh ini akan mempertahankan 14 persen kepemilikan, menurut Liberty Media. Meskipun masih harus menunggu persetujuan regulator, perusahaan mengharapkan kesepakatan akan difinalisasi pada akhir tahun 2024. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, akan terus menjalankan bisnis tersebut dari markas besar di Madrid.
Dengan MotoGP sebagai portofolio terbarunya, Liberty Media kini memiliki kontrol atas dua merek balap terbesar di dunia. Menurut Bloomberg, hal ini dapat menyebabkan pengawasan dari regulator anti-trust. Sebelumnya, CVC Capital Partners terpaksa menjual MotoGP untuk mendapatkan persetujuan akuisisi F1. Sedangkan, Liberty Media membeli kejuaraan balap roda terbuka dari CVC seharga $8 miliar pada tahun 2016.
Perusahaan telah meningkatkan popularitas F1 dalam beberapa tahun terakhir dengan memperluas fokus pada pasar yang sebelumnya diabaikan—seperti Amerika Serikat, yang kini menjadi tuan rumah balapan di Austin, Las Vegas, dan Miami—serta membuat balapan lebih mudah untuk ditonton melalui streaming. Popularitas serial Netflix produksi Liberty Media, Formula 1: Drive to Survive, tentu juga membantu.
“Carmelo dan tim manajemennya telah membangun sebuah spektakel olahraga besar yang dapat kami kembangkan ke audiens global yang lebih luas,” kata Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei. “Bisnis ini memiliki potensi besar, dan kami bertekad untuk mengembangkan olahraga ini bagi penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan para pemegang saham kami.”
Masih harus dilihat apakah Liberty Media bisa membuat keajaiban di MotoGP, tetapi semoga mereka setidaknya akan membuatnya lebih mudah untuk menyaksikan balapan dari seluruh penjuru dunia, baik itu secara digital maupun secara langsung.