TA’AKTANA a Luxury Collection Resort & Spa Labuan Bajo Menghadirkan Pesona Pesisir Timur Indonesia

Berdiri menghadap kilauan pantai Laut Flores, TA”AKTANA mengundang wisatawan meresapi kekayaan budaya dan pemandangan laut menakjubkan di Labuan Bajo.
by Fazil Pamungkas
0 comment

The Luxury Collection —bagian dari portofolio global Marriott Bonvoy yang terdiri dari lebih 30 merek hotel— pada 31 Mei 2024 lalu mengumumkan dibukanya TA’AKTANA a Luxury Collection Resort & Spa di Labuan Bajo. Berada di antara hutan liar dan keindahan Laut Flores, TA’AKTANA merupakan properti pertama Marriott International di Labuan Bajo dan properti kedua The Luxury Collection di Indonesia.

Resor yang berdiri di tengah kota Labuan Bajo ini cocok untuk menjadi tempat memulai perjalanan menuju beragam destinasi budaya di Nusa Tenggara Timur, seperti Taman Nasional Komodo yang terdaftar sebagai UNESCO World Heritage Site, Gua Batu Cermin, Rumah Tenun, Desa Melo, dan destinasi lainnya. Untuk mencapai TA’AKTANA, para wisatawan dapat menggunakan penerbangan langsung dari Jakarta dan Bali ke Bandara Internasional Komodo, dilanjutkan dengan perjalanan darat selama 10 menit menuju lokasi resor.

“Hadirnya TA’AKTANA, a Luxury Collection Resort & Spa Labuan Bajo, menandai momentum penting sebagai properti pertama The Luxury Collection di Nusa Tenggara Timur dan portofolio perdana dari Marriott International secara menyeluruh”, ujar Philipp Weghmann, Vice President and Global Brand Leader The Luxury Collection. “Seiring dengan ekspansi global kami dalam kategori resor, TA’AKTANA a Luxury Collection Resort & Spa Labuan Bajo memberikan pengalaman yang langka dan mendalam akan destinasi dari The Luxury Collection ini. Melalui visi tersebut, kami mengundang wisatawan global untuk menjelajahi keindahan dan kekayaan sejarah Labuan Bajo.”

Suasana kamar di TA’AKTANA. Foto: Marriott International

TA’AKTANA memiliki luas properti lebih dari 16 hektar yang dirancang oleh ANP Interior. Resor mewah ini terdiri dari 70 kamar tamu, termasuk 25 vila dan 45 suite dengan balkon terbuka yang menghadap langsung ke pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. TA’AKTANA memiliki tujuh vila di atas air yang menawarkan kemewahan dan ketenangan tak tertandingi. Pembangunan vila tersebut menggambarkan pengalaman layaknya para pengembara laut Indonesia yang dahulu hidup di atas perahu. Konsep ini menginspirasi pada perancang dalam pemilihan interior resor yang khusus disiapkan untuk menampilkan makna budaya melalui desain kayu rakitan tangan dengan tekstur yang berkualitas, dan ruangan terbuka dilengkapi dengan perabotan dan karya seni elegan yang mencerminkan kerajinan asli Labuan Bajo. Para tamu di vila TA’AKTANA dapat memiliki akses ke pelayanan pribadi selama 24 jam untuk memastikan kenyamanan selama menginap di resor yang dapat disesuaikan berdasarkan preferensi dan kebutuhan setiap individu.

“Kami sangat bangga dalam memperkenalkan TA’AKTANA a Luxury Collection Resort & Spa Labuan Bajo sebagai resor terbaru dalam portofolio kami”, ujar Ramesh Jackson, Area Vice President at Marriott International, Indonesia & Malaysia. “Hal ini menjadi momentum penting bagi Marriott International dalam memperluas portofolio di Labuan Bajo. Kami mengundang wisatawan untuk menjelajahi dan terhubung dengan jiwa Pulau Flores, di mana kemewahan berpadu dengan kekayaan budaya di destinasi yang menawan ini.”

Nama “TA’AKTANA”, berasal dari bahasa Manggarai di Pulau Flores yang mengambil inspirasi dari sawah lingko —lahan sawah padi yang berbentuk seperti jaring dan merupakan bagian penting dari budaya tradisional Manggarai. Resor ini berpegang teguh pada warisan budaya, sejarah dan tradisi dengan menawarkan pengalaman unik dan khas daerah Labuan Bajo kepada para wisatawan global.

Pemandangan laut di TA’AKTANA. Foto: Marriott International

TA’AKTANA mengundang para tamu untuk mengenal lebih dekat kekayaan tradisi kuliner di Labuan Bajo dengan menghadirkan tiga restoran, lounge, dan bar yang menampilkan gaya, serta penyajian masakan khas pulau tersebut. Leros adalah restoran yang buka sepanjang hari dengan menu istimewa yang terinspirasi keragaman kuliner Indonesia. Umasa menawarkan pengalaman kuliner autentik dengan menu keluarga yang khusus menggunakan produk lokal. Taba yang mengusung konsep robata grill menawarkan hidangan dari bahan-bahan pilihan yang dikurasi melalui teknik tradisional khas Jepang. Nera Lounge menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang mempesona untuk dinikmati bersama beragam hidangan dan minuman seperti koktail, kopi, dan teh. Para tamu juga dapat bersantai di Maiga, bar dengan pemandangan laut yang membentang indah, yang menyediakan berbagai pilihan minuman dan kudapan unik dan inovatif untuk menjadikan pengalaman bersantai lebih berkesan.

Para tamu dapat menikmati aktivitas olahraga di Fitness Center eksklusif, sekaligus memanjakan diri di Di’a Spa yang terinspirasi dari gua-gua di Labuan Bajo. Dilengkapi dengan enam ruang perawatan pribadi, ruang uap, kolam berendam, dan fasilitas lainnya, spa ini membuat para tamu merasakan ketenangan dan perasaan menyatu dengan alam. TA’AKTANA juga hadir untuk menyambut berbagai acara, mulai dari pertemuan bisnis dengan dua pilihan ruangan, hingga pernikahan istimewa di kapel tepi laut dengan pemandangan yang luar biasa.

Pemandangan laut dari dalam kamar. Foto: Marriott International

“Sebuah kehormatan untuk menyambut para tamu ke resor istimewa kami di Labuan Bajo,” ujar Peter-Paul Kleiss, Resort Manager TA’AKTANA a Luxury Collection Resort & Spa Labuan Bajo. “Resor ini tidak hanya tentang destinasi, melainkan sebuah perjalanan eksplorasi warisan budaya dan pemandangan yang menakjubkan di Labuan Bajo. Properti ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pengalaman unik dan autentik, di mana keelokan bertemu dengan tradisi warisan budaya. Saya sangat antusias dalam memimpin tim yang berdedikasi untuk memastikan setiap tamu dapat menemukan pesona TA’AKTANA melalui pengalaman tak tertandingi di sisi Indonesia yang luar biasa ini.”

You may also like

Leave a Comment