Sepatu Michael Jordan Laku Rp126 Miliar dalam Pelelangan

Sepatu penuh memori itu menciptakan rekor baru setelah ditebus para peminat.
by Robb Report
0 comment

Koleksi sepatu kets Michael Jordan yang masuk dalam seri Dynasty Collection terjual dengan harga $8 juta (sekitar Rp125 miliar) dalam pelelangan di Sotheby’s pada Jumat (2/2/2024). Pihak rumah lelang menawarkan enam sepatu Air Jordan yang dikenakan Jordan saat menang enam kejuaraan Final NBA yang pernah diikutinya. Kala itu, Jordan sukses mencetak rekor baru kala menggunakan sepatu ketsnya yang dikenakan saat bertanding dan menjadi memorabilia dari dirinya yang paling berharga kedua sejauh ini.

 “Harga yang memecahkan rekor hari ini adalah bukti (Michael Jordan) GOAT,” kata Brahm Wachter, kepala koleksi modern Sotheby’s. “Dynasty Collection tidak dapat disangkal merupakan salah satu kompilasi memorabilia olahraga paling berpengaruh dalam sejarah. Adanya koleksi ini bisa menjadi pengingat jangka panjang terhadap sosok Michael Jordan di dunia dan apresiasi nyata dari status legendarisnya yang diakui. Sebuah momen dan tonggak bersejarah yang benar-benar tak tertandingi dalam sejarah pelelangan, penjualan enam sepatu kets yang berstatus pemenang kejuaraan ini kemungkinan besar tidak akan pernah terulang.”

Koleksi yang dijual merupakan kenang-kenangan kemenangan pertama Jordan bersama Chicago Bulls pada 1991 hingga kemenangannya atas Seattle SuperSonics pada 1996. Selain itu juga ada sepatu setelah ia keluar dari masa pensiunnya hingga musim terakhirnya bersama Bulls pada 1998. Sepatu tersebut diberikan oleh Jordan kepada Tim Hallman, seorang eksekutif PR Chicago Bulls, dan masing-masing ditandatangani dan ditulis oleh atlet legendaris tersebut. Hallman akhirnya memberikan koleksi tersebut kepada pemilik sebelumnya, yang kemudian menjualnya ke Sotheby’s.

Meskipun $8 juta adalah jumlah yang cukup mahal untuk enam sepatu kets, itu bukanlah jumlah terbesar yang dibayarkan untuk memorabilia Michael Jordan. Pada 2022, jersey Game 1 Final NBA 1998 dari seri “Last Dance” milik Jordan terjual di sebuah pelelangan dengan harga $10,1 juta (sekitar Rp158 miliar). Itu menjadikannya memorabilia olahraga termahal yang pernah dijual, sebuah rekor yang masih ada hingga saat ini. Lalu pada April 2023, Sotheby’s menjual sepatu Michael Jordan yakni Air Jordan 13 dari seri sama yang dijual dengan harga $2,2 juta (sekitar Rp32 miliar), harga tertinggi untuk sepasang sepatu kets mana pun pada saat itu.​

 

You may also like