10 Kolaborasi Jam Tangan Selebritas Terbaik, dari Royal Oak John Mayer hingga IWC Lewis Hamilton

Ketika selebritas bekerja sama dengan merek jam tangan, hasilnya bisa beragam, mulai dari yang spektakuler hingga yang sangat buruk. Berikut kolaborasi terbaik yang pernah dibuat.
by Fazil Pamungkas
0 comment

Menemukan selebritas untuk ikon rumah produksi jam tangan elit tidaklah mudah. Peran mereka sangat besar, tidak hanya sebagai roda penyeimbang, tetapi harus bisa menciptakan hype. Terlebih jika brand mencoba melakukan kolaborasi, sang selebritas bisa menjadi pisau bermata dua: sukses secara penjualan atau menghancurkan citra brand.

Mengeluarkan jam kolaborasi tidak sembarang dilakukan, ada proses desain yang melibatkan sentuhan si artis di dalamnya —atau begitulah dugaan kita karena keterlibatan mereka tidak sepenuhnya diperlihatkan. Kenyataan bahwa selebritas bukan desainer jam tangan, dan dalam beberapa kasus selera mereka tidak sejalan dengan prinsip brand, membuat proses kolaborasi banyak mengalami kegagalan di tengah jalan. Tapi tidak selalu kolaborasi jam tangan berujung petaka. Berikut 10 kolaborasi jam tangan selebritas dunia yang paling terkenal.

John Mayer X Audemars Piguet Limited-Edition Royal Oak Perpetual Calendar

Foto: Audemars Piguet

Meski John Mayer mungkin menjadi selebritas yang paling banyak dikaitkan dengan koleksi jam tangan modern, namun cukup mengejutkan ketika Audemars Piguet menggaetnya dalam pengeluaran Royal Oak Perpetual Calendar awal tahun ini. AP memang tidak asing dengan kolaborasi selebritas —pernah dengan Travis Scott dan karakter fiksi Spiderman— namun karya Mayer merupakan pertemuan pegiat horologi terkemuka, tidak heran jika menggemparkan. Jam tangan kolaborasi itu diketahui sebagai yang terakhir menggunakan kaliber 5134. Penampilannya begitu menakjubkan dengan dial biru tua “crystal sky”, cocok bagi mereka yang hanya ingin berfokus pada penampilan.

The Richard Mille RM 52-05 Tourbillon Pharrell Williams

Foto: Richard Mille

Pharrell William memang sedang sibuk dengan LVMH, tetapi dia selalu memiliki waktu dan ruang di pergelangan tangannya untuk Richard Mille. Sosok Pharrell begitu melekat dengan produsen jam tangan mewah ini. Dia ikut terlibat dalam rancangan RM 52-05 Tourbillon Pharrell Williams. Pada bagian dial jam menampilkan astronot yang diukir dengan tangan, diberi enamel, dan digambarkan sedang menatap Bumi. Jam kolaborasi ini terbuat dari titanium, cermet, emas putih, dan berlian. Pada saat dirilis, jam tangan ini dijual dengan harga sedikit di bawah satu juta dolar.

Zenith Chronomaster Sport Aaron Rodgers Limited Edition

Foto: Zenith

Hubungan quarterback Aaron Rodgers dengan Zenith dan CEO Julien Tornare dimulai pada 2020 dan kurang dari empat tahun kemudian lahirlah Chronomaster Sport yang sangat istimewa. Hubungan yang jelas antara model Zenith ini dan sang atlet ada pada nama dan warnanya. Jam tangan ini berwarna hijau yang mencerminkan warna dari Green Bay Packers dan New York Jets, tim Rodgers yang lama dan saat ini. Sulit untuk mengatakan seberapa banyak peran Rodgers dalam desain jam tangan ini, tapi memperoleh hasil yang baik.

Jimmy Chin X Panerai Submersible Chrono Flyback Limited Editions

Foto: Panerai

Bagi pendaki profesional dan pembuat film dokumenter Jimmy Chin, kolaborasi jam tangan sudah biasa dilakukan. Chin bersama Panerai merilis dua edisi terbatas: Panerai Submersible Chrono Flyback – J. Chin Edition, dan Panerai Submersible Chrono Flyback – J. Chin Xperience Edition. Jam tangan yang terakhir dari kedua kolaborasi ini hanya terbatas untuk 14 orang dan termasuk kesempatan untuk bergabung dengan Chin di Jackson Hole, Wyoming. Kedua jam tangan tersebut dibuat dari titanium dan berukuran 47 mm. Edisi Xperience dilapisi DLC dengan SuperLuminova putih yang mengukuhkan ketangguhan merek Italia ini.

Bremont 1947 Watches with Ronnie Wood Dials

Foto: Bremont

Pada 2019, merek jam tangan berbasis di Henley on Thames, Bremont, merilis koleksi 47 jam tangan yang menakjubkan dalam “Koleksi 1947”. Lebih mengesankan lagi, setiap jam tangan emas putih 42 mm mendapat sentuhan lukis dari gitaris Rolling Stones, Ronnie Wood. Rasanya pekerjaan dia yang menggunakan keterampilan jari membuat Wood mahir dalam melukis di jam tangan ini.

Rory Mcilroy X Omega

Foto: Omega

Pegolf empat kali juara utama dari Irlandia Utara, Rory McIlroy, membuat kolaborasi jam tangan dengan Omega pada 2019. Dia terlibat dalam rancangan Seamaster Aqua Terra 150M Ultra Light yang dibuat dari Gamma Titanium. Bahan yang baru dikembangkan itu mengurangi berat jam tangan hingga 55 gram. Jam tangan kolaborasi itu juga memiliki mahkota teleskopik tersembunyi yang pada gilirannya membantu ayunan golf dengan tidak mengganggu pergelangan tangan.

IWC Portugieser Tourbillon Retrograde Chronograph Lewis Hamilton

Foto: IWC

Bintang F1 Lewis Hamilton cukup identik dengan IWC. Dia sudah menjadi duta merek sejak 2013, dan telah terlibat dalam pembuatan tiga jam tangan kolaborasi: Ingenieur Chronograph Edition Lewis Hamilton tahun 2014, Big Pilot Perpetual Calendar 2019, dan Portugieser Tourbillon Retrograde Chronograph warna biru muda tahun lalu. Menarik untuk ditunggu pengaruh lain sang pembalap pada merek ini.

H. Moser Cie. Endeavour Small Seconds with Bryan Ferry of Roxy Music

Foto: Moser

Pentolan Roxy Music, Bryan Ferry, membuat jam tangan kolaborasi pada 2016. Ikon pria berpakaian terbaik tahun 70-an itu bekerja sama dengan H. Moser & Cie untuk membuat Endeavour Small Seconds. Jam tangan itu berdiameter 38,8 mm berwarna rose gold dengan kaliber HMC 321. Casing berwarna emas dengan sedikit sentuhan merah, dan font angka ikonis yang benar-benar berkelas.

Bulgari X Lisa

Foto: Bulgari

Lisa dari Blackpink memiliki satu nama dan dua kolaborasi dengan Bulgari. Kolaborasi terbarunya adalah edisi terbatas model Bulgari Bulgari yang dirilis pada 2024. Awalnya dirancang oleh Gerald Genta, jam tangan ini terbuat dari alumunium dan rose gold 18 karat, dengan dial mozaik yang terbuat dari 400 mutiara yang dipotong. Lisa tampaknya terinspirasi dari Bunga Edelweis dan Pegunungan Alpen Swiss, namun tampilannya lebih mirip lantai marmer Italia, yang bentuk kotaknya terlihat sempurna di jam tangan ini.

Francis Ford Coppola X FP Journe

Foto: FP Journe

Kolaborasi sutradara Francis Ford Coppola dan FP Journe ini cukup unik dalam daftar ini. Jam tangan ini menampilkan tangan mekanis (terinspirasi dari protesis abad ke-16) yang menggunakan lima jarinya untuk menunjukkan waktu. Kolaborasi ini dirilis tahun 2023 setelah prototipenya dirancang untuk Only Watch Auction tahun 2021. Jam tangan ini menggabungkan pembuatan luar biasa dari Journe dengan konsep yang benar-benar unik dari Hollywood.

 

Ditulis: Nora Taylor

Diterjemahkan: Fazil Pamungkas

You may also like