Berlayar Bebas Emisi dengan Kapal Layar Listrik Zemi

Dinamakan dari dewa Karibia kuno, "Zemi" adalah sebuah sekoci surgawi.
by Robb Report
0 comment

Kapal layar terbaru Baltic Yachts dengan segala kemegahannya.

Perusahaan asal Finlandia ini baru saja merilis gambar interior pertama dari Baltic 110 Custom. Mendapat namanya dari dewa Karibia kuno, Zemi dipesan oleh seorang pelaut berpengalaman yang menginginkan kapal layar untuk melakukan petualangan global dengan kecepatan tinggi.

Dianggap sebagai kapal penjelajah serbaguna dengan performa tinggi, kapal setinggi 110 kaki ini dirancang oleh Malcolm Mckeon Yacht Design. Studio Inggris ini sebelumnya bekerja sama dengan Baltic dalam proyek pembuatan Liara, kapal layar pemenang penghargaan setinggi 112 kaki yang mengarungi lautan pada tahun 2019. Dibangun menggunakan komposit karbon, sekoci baru ini menampilkan garis ramping, lambung dengan warna perunggu metalik yang berkilau, dan atap aerodinamis.

Bagian lounge. Foto: Baltic Yachts.

Zemi juga menjadi kapal Baltic ketiga yang dilengkapi dengan sistem propulsi listrik. Dua generator Cummins berkekuatan 129 kW memberikan daya ke sekelompok besar baterai lithium-ion yang menggerakkan motor listrik Danfoss. Baltic menyatakan bahwa motor listrik ini lebih tenang, lebih bersih, dan lebih halus dibandingkan mesin pembakaran internal tradisional. Bahkan, Zemi dapat berlayar dalam “mode senyap” tanpa emisi untuk waktu yang lama, menurut klaim merek tersebut.

Selain itu, kapal layar ini dilengkapi dengan dua kemudi dan kiel teleskopik dengan bulb seberat 27 ton yang dapat mengurangi kedalaman dari 20 kaki menjadi 13 kaki. Ia juga menyajikan beberapa opsi layar depan yang sesuai dengan kondisi cuaca yang berbeda.

Dipelopori oleh Andreas Martin-Löf, interiornya menampilkan lapisan kayu kenari dan batu kapur, perabotan modern dan ramping, serta pencahayaan terintegrasi yang cerdas. Kokpit utama dapat dinikmati dalam segala kondisi, dengan tudung semprotan lipat dan bimini panjang yang dapat dilepas untuk melindungi tamu dari cuaca buruk. (Atau, ruang dapat dibiarkan terbuka untuk bersantai di bawah sinar matahari.) Di bawah dek terdapat ruang tunggu, dapur, dan kabin untuk perjalanan semalam.

Dibawah arahan Andreas Martin-Löf, desain interior menampilkan lapisan kayu kenari dan batu kapur, furnitur modern yang elegan, dan pencahayaan yang terintegrasi dengan baik. Kokpit utama dapat dinikmati dalam segala kondisi, dengan kap mesin yang dapat dilipat dan bimini panjang yang dapat dilepas untuk melindungi tamu dari elemen cuaca. (Atau, ruangan tersebut dapat dibiarkan terbuka untuk bersantai di bawah sinar matahari.) Di bawah dek terdapat ruang tamu, dapur, dan kabin untuk perjalanan semalam.

Kokpit. Foto: Baltic Yachts.

Salah satu elemen khas lainnya pada Zemi adalah dek jati ala McKeon yang melingkupi dari haluan hingga tepi buritan. Bagian buritan juga dapat diperluas, memudahkan akses ke air dari platform renang. Di bagian buritan juga terdapat garasi besar yang dapat menampung tender Williams.

Zemi dibangun di fasilitas Bosund milik Baltic dan meninggalkan lokasi peluncuran di Jakobstad pada Agustus 2023. Kapal ini telah menjelajahi seluruh dunia dalam beberapa bulan terakhir dan diharapkan akan bersaing di St Barths Bucket pada bulan Maret ini. Semoga sukses, Zemi.

Klik di sini untuk melihat lebih banyak foto dari Baltic 110 Custom.

You may also like