Sunseeker Ocean 182, Tridek Superyacht yang Mampu Menampung Banyak Ruang

Berkat luasnya, superyacht ini bisa menambah volume interior secara signifikan, memberikan ruang lebih untuk beragam hal.
by Fazil Pamungkas
0 comment

Sunseeker Ocean 182. Foto: mby.com

Secara kasat mata hampir tidak ada perbedaan antara Sunseeker Ocean 182 dengan pendahulunya Sunseeker Ocean 90. Panjang keseluruhan kapal (LOA) keduanya ada di 88 kaki 11 inci (sekitar 27,1 meter). Keduanya juga berbagi lambung dan drivetrain yang sama. Namun jika ditelaah lebih jauh, bagian dek utama ke atas memiliki cukup banyak perbedaan. Di samping juga penamaan yang berbeda untuk kedua model yang sangat mirip tersebut.

Kode angka pada Sunseeker Ocean 182 sering disalah artikan sebagai ukuran kapal 182 kaki, walau nyatanya hanya sekitar 88 kaki. Angka 182 sebenarnya mengacu kepada GT (Gross Tonnes) kapal, yakni volume semua ruangan yang terletak di bawah geladak kapal ditambah volume ruangan-ruangan tertutup yang terletak di atas geladak. Berkat lebar baloknya yang besar dan dek atas tertutup, Sunseeker Ocean 182 memiliki cukup banyak ruang dan mampu menampung lebih banyak hal ketimbang yacht sekelasnya.

Interior Sunseeker Ocean 182. Foto: mby.com

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah bahwa Sunseeker Ocean 182 adalah kapal yang sangat lebar, yakni 23 kaki 6 inci, atau sekitar 15 inci lebih lebar dari Princess X95 dan 26 inci lebih lebar dari Riva 90 Argo. Berkat stem yang hampir vertikal, kapal ini juga membawa balok utama lebih jauh ke depan dari biasanya, menciptakan ruang kabin ekstra yang berharga di haluan. Namun, satu hal yang benar-benar berbeda dari kebanyakan yacht sekelasnya adalah dek atas tertutup yang tidak hanya menciptakan ruang lain pada bagian atas kapal, tetapi juga memungkinkan ruang utama untuk dipindahkan ke sana, membebaskan lebih banyak ruang di dek utama.

Semua kelebihan dari Sunseeker Ocean 182 itu menambah volume interior yang signifikan. Tetapi penting untuk diperhatikan adalah bagaimana ruang tersebut digunakan, serta bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja. Tidak seperti Princess X-Class atau Ferretti Infynito, mulanya lambung kapal dirancang sebagai kapal flybridge dua dek dan ketika ada permintaan dek atas yang bisa ditutup, ia diadaptasi menjadi model tri-deck ini.

Dek utama Sunseeker Ocean 182. Foto: mby.com

Keberadaan Sunseeker Ocean 182 memang bukan salah satu kapal terindah dari Sunseeker tetapi hasil akhirnya terlihat sangat terintegrasi meskipun sedikit berat di bagian atas. Kondisi itu merupakan konsekuensi yang tidak dapat dihindari dari LOA yang relatif pendek pada Sunseeker Ocean 182. Pilihan mesin semuanya adalah MAN V12 dengan opsi daya mulai dari 1.650 hp hingga 2.000 hp untuk kecepatan tertinggi sekitar 27 knot dan jangkauan kecepatan lambat yang dikutip hingga 1.800 mil laut. Harga Sunseeker Ocean 182 dipasaran sekitar $9,8 juta.

You may also like