Perusahaan konglomerasi barang mewah Prancis, LVMH, berhasil mengungguli ekspor anggur dan beberapa jenis keju Prancis tahun lalu. Secara spesifik, LVMH menyumbang 4% dari total ekspor Prancis, mengungguli gabungan ekspor keju camembert dan wine yang hanya mencapai 3,2%, sebagaimana disebutkan dalam laporan Astères untuk LVMH yang dirilis oleh Financial Times.
“Performa kami di tahun 2023 menggambarkan daya tarik luar biasa dari brand-brand kami dan kemampuan mereka untuk membangkitkan hasrat (untuk belanja), meskipun di tengah tahun yang penuh tantangan ekonomi dan geopolitik,” ucap Bernard Arnault, Chairman dan CEO LVMH, dalam sebuah pernyataan awal tahun ini. “Kami mencapai pertumbuhan yang cukup berkelanjutan di Eropa, Jepang, dan seluruh Asia tahun lalu, meskipun sedikit melambat di Amerika Serikat karena situasi ekonomi yang saat ini sedang dalam proses membaik.”
Total ekspor barang mewah LVMH pada tahun lalu mencapai €23,5 miliar. Laporan tersebut menyebutkan bahwa sekitar 40% penjualan berasal dari Asia, sementara Amerika Serikat mengimpor 25% dari total tersebut. Prancis sendiri hanya berkontribusi kurang dari 10% .
LVMH, yang menaungi merek-merek ternama seperti Louis Vuitton, Bulgari, Dior, dan TAG Heuer, adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia. Berkat kinerja luar biasa tahun lalu, LVMH menjadi perusahaan Eropa pertama yang memiliki valuasi sebesar $500 miliar. Bernard Arnault, yang berada di pucuk pimpinan LVMH, tercatat sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$218 miliar menurut Bloomberg Billionaires Index.
Arnault, yang berniat mempertahankan dominasi LVMH di sektor barang mewah, tampaknya telah merencanakan masa depan perusahaan dengan melibatkan keluarganya. Semua anaknya terlibat dalam bisnis dengan menduduki berbagai posisi, dan empat dari lima anaknya kini memiliki posisi dalam dewan direksi. Baru minggu lalu, Arnault mengangkat dua putranya lagi menjadi anggota dewan. Meskipun belum sepenuhnya transparan mengenai rencana suksesi untuk LVMH, Arnault tampaknya berniat untuk mempertahankan perusahaan ini sebagai bisnis keluarga.
Setidaknya untuk saat ini, melihat dari hasil tahun 2023, LVMH berada pada posisi yang tepat untuk terus mempertahankan kesuksesannya.